日本財団 図書館


 

tumbuhan, yang untuk kehidupannya bergantung pada sinar matahari, air, carbon dioksida, zat-zat gizi dalam tanah dan unsur-unsur lainnya. Tapi semua sumber itu hanya terdapat dalam jumlah yang terbatas.
Kalau manusia terus bertambah dengan laju seperti sekarang mi, segala tumbuh-tumbuhan yang ada di muka bumi akan habis dimakan dan manusia akhirnya dapat punah karenanya.

 

6. Ilustrasi. Empat Bumi
Sebuah kelompok riset di Universitas British Columbia di Kanada barn- barn mi mengeluarkan laporan yang sangat menarik yang mengatakan bahwa kira-kira 20 tahun lagi, ketika jumlah penduduk dunia membengkak sampal 8,5 milyar jiwa, maka untuk menunjang kehidupan manusia pada tingkat yang sama dengan tingkat bangsa Kanada sekarang mi, akan diperlukan 3 atau 4 planet tambahan dengan jumlah lahan yang sama dengan yang ada di bumi mi.
Bumi kita yang kaya dan makmur mi bukanlah sesuatu yang dapat dibuat oleh tangan manusia.

 

7. Pemandangan Medan Perang
Kalau tidak diambil tindakan untuk menghentikan pertambahan penduduk, maka dalam waktu setengah abad lagi dunia mi akan terus-menerus mengalami peperangan memperebutkan makanan yang ada. Dan negara- negara yang ekonominya lemah, pasti akan menghadapi bahaya kelaparan.

 

8. Teks: Berbagai Macam Makanan
Musik

 

I. Ledakan Populasi di Asia

 

 

 

前ページ   目次へ   次ページ

 

 






日本財団図書館は、日本財団が運営しています。

  • 日本財団 THE NIPPON FOUNDATION